Saturday 24 January 2015

Cara Menghapus "Cewek Mabuk" di Facebook

Posted By: chein - 04:37

Share

& Comment

Cara Menghapus Cewek Mabuk di Facebook

               Beberapa hari ini di timeline Facebook, saya menemukan beberapa orang yang share dan tag temannya ke sebuah video berjudul ‘cewek mabuk’. Pertama kali melihatnya saya acuhkan tautan tersebut karena saya anggap itu adalah postingan spam. Tapi sejak makin banyaknya tautan video itu tersebar di timeline facebook-ku, akhirnya timbul juga rasa penasaran, “Ada apa ini kok banyak banyak banget yang share video cewek mabuk?”.

        Video itu ternyata bukan ulah iseng orang yang sengaja menyebarkan video tak senonoh tersebut. Ternyata video itu adalah malware yang jika kita klik tautan itu maka otomatis kita akan terserang malware menjengkelkan ini. Saya katakan menjengkelkan karena jika sudah terkena, maka otomatis akun facebook kita akan memposting video tersebut dan melakukan tag kepada teman-teman kita di media sosial sejuta umat ini.

       Bukan saja menjengkelkan, tapi kita akan merasa malu karena dikira telah menyebarkan video tak senonoh ke teman-teman di facebook. Ibarat sudah jatuh terkena tangga, sudah jengkel terkena malware, ikut malu juga dengan apa yang disebarkan olehnya. Kalau belum terkena malware ini, jangan coba-coba membuka tautan video itu. Kalau sudah kena, coba atasi dengan beberapa langkah di bawah ini.

Dengan Google Chrome


Langkah pertama, jika kita menggunakan Google chrome sebagai browser untuk membuka facebook, bukalah browser itu.
Langkah kedua, buka menu extentions melalui chrome://extentions atau memalui menu setting lalu membuka submenu extentions
Lihatlah di bagian ini apakah ada ekstensi yang mencurigakan seperti ekstensi dengan nama ‘Atas Berita’ atau nama mencurigakan lainnya
Hapus esktensi yang mencurigakan itu dengan memencet tombol sampah
Restart browser Google Chrome.

 Dengan Mozilla Firefox

1. Buka peramban browser Anda (misal Mozilla Firefox).
2. Akses Tools -> Add-ons -> Ekstensi.
3. Setelah Anda menuju ke halaman ekstensi, tinjau daftar plug-in dan menghapus apapun yang terlihat mencurigakan di sana.
4. Klik gambar tempat sampah di sebelah kanan dan klik tombol Hapus pada kotak 'Konfirmasi Penghapusan'.
5. Restart browser Anda



Kini browser sudah bersih dari malware yang menjengkelkan dan memalukan ini. Langkah terakhir jangan lupa mengganti password akun facebook kita ya agar lebih aman lagi (worship)

About chein

Mahasiswa di Universitas Negeri Jakarta. Prodi PTIK.Pemerhati sosial bukan sosial media. Menyukai komputer, games, dan Sepakbola.

0 comments:

Post a Comment